Ciri-Ciri Penyakit Jantung, Kenali Sebelum Terlambat

Ciri-Ciri Penyakit Jantung, Kenali Sebelum Terlambat – Penyakit jantung pada dasarnya disebabkan karena sel-sel jantung yang mati dan mengakibatkan pasokan darah ke jantung terhenti atau bisa juga disebabkan oleh penyumbatan pembuluh darah. Penyakit jantung merupakan pembunuh nomor satu didunia yang menduduki peringkat pertama bersama penyakit stroke. Menurut keterangan dari Federasi Jantung Dunia, sepanjang tahun 2014, di Asia Tenggara mencapai 1,8 juta kasus.

Ciri-Ciri Penyakit Jantung, Kenali Sebelum Terlambat

Penyebab Penyakit Jantung

Biasanya yang menyebabkan seseorang terkena serangan jantung adalah karena gaya hidup yang tidak sehat, merokok, dan memakan makanan yang mengandung kolesterol yang tinggi.

Merokok
Karbon monoksida dan kandungan nikotin di dalam asap rokok dapat memicu munculnya gumpalan darah serta memacu jantung bekerja lebih cepat dari biasanya sehingga akan membuat jantung terbebani. Selain itu, senyawa kimia lain yang terkandung dalam asap rokok bisa membuat dinding arteri jantung menjadi rusak yang kemudian akan memicu terjadinya penyempitan.

Gaya Hidup yang Tidak Sehat
Gaya hidup di sini atau dengan kata lain pola hidup berkaitan dengan pola makan dan juga aktifitas fisik lainnya. Kebiasaan buruk sebaiknya tidak dipelihara karena yang rugi bukan hanya orang lain, tetapi diri sendiri. aktifitas fisik seperti olah raga sebaiknya dilakukan secara rutin karena tubuh kita membutuhkannya. Begitu juga makan. Diet sehat adalah pilihan tepat untuk mencegah penyakit jantung.

Kelebihan Kolestrol dalam Tubuh
Kolesterol jahat (LDL) yang berlebihan sangat berbahaya bagi jantung. Ia sangat mudah menempel pada dinding pembuluh darah sehingga berpotensi menjadi plak. LDL yang normal dalam darah harus kurang dari atau sama dengan 100 mg/dl . Ketahui mengenai makanan yang mengandung kolesterol tinggi.

Hipertensi
Ketika seseorang mengalami hipertensi atau tekanan darah tinggi maka akan berhimbas pada kesehatan jantung. Karena tekanan darah tinggi akan memicu kerja jantung lebih berat dari biasanya dna juga pembuluh darah.

Diabetes
Penderita diabetes beresiko lebih banyak terkena penyakit jantung. Hal ini disebabkan karena penebalan pada dinding pembuluh darah sehingga membuat aliran darah terhambat.

Obesitas
Obesitas atau kelebihan berat badan rentan terhadap penyakit jantung. Mereka memiliki potensi besar untuk mengidap tekanan darah tinggi, kelebihan kolesterol, dan juga beresiko terkena penyakit diabetes tipe 2. Secara fisik, kerja jantung juga membutuhkan bobot lebih dibanding untuk tubuh ideal.

Usia
Usia yang beranjak tua seiring dengan penurunan banyak fungsi tubuh mengakibatkan seseorang beresiko terkena penyakit jantung.

Riwayat Keluarga
Orang yang memiliki riwayat keluarga dengan penyakit jantung, lebih besar resikonya dibanding yang tidak memiliki keluarga dengan riwayat penyakit jantung.

Ciri-ciri gejala awal penyakit jantung

Selain karena sel jantung yang mati juga bisa karena penyumbatan pembuluh darah. Sedangakn penyumbatan sendiri dibagi 2 yakni,

•  Penyumbatan pembuluh koroner besar, yakni biasanya terjadi hanya sementara saja dan disertai dengan rasa sakit pada bagian dada yang amat sangat.

•  Penyumbatan pembuluh koroner kecil, yakni penyumbatan yang diakibatkan oleh kolesterol atau bisa juga karena pengaruh diabetes dan dampaknya akan membuat pembuluh darah menjadi kaku.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s